Cari Disini

Kamis, 08 Februari 2018

Makalah : Pengaruh Wabah Merokok Dikalangan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Di Sekolah

KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah S.W.T berkat rahmatnya saya di beri kesehatan dan kemudahan dalam menyelesaikan makalah ini. Tanpa rahmat Allah mungkin saya tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh wabah merokok terhadap prestasi belajar siswa di sekolah yang kini dirsa sudah sangat memprihatinkan. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah S.W.T akhirnya makalah ini dapat diselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Pengaruh Wabah Merokok Dikalangan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Di Sekolah” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.


BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Banyak di antara remaja yang merokok tanpa memperhatikan akibat-akibat dari kegiatan yang dilakukannya itu. Para remaja hanya mengedepankan keegoisan mereka,merasa bila mereka merokok itu di bilang keren oleh orang disekitarnya, merasa “kesetia kawanan”,kalau tidak merokok mereka merasa tidak enak pada teman lain yang merokok, dan atau mereka awalnya hanya mencoba-coba kebiasaan merokok orang lain tetapi ternyata ketagihan.
Para remaja tidak sadar bahwa banyak bahaya yang mengancam kesehatan mereka dan masa depan mereka,termasuk prestasi belajar mereka juga menurun secara perlahan tapi pasti.
Pada makalah ini metode penelitian didasarkan pada kenyataan yang terjadi dilapangan bercampur baur  dengan para remaja yang merokok. Sehingga masalah yang sedang terjadi ini menarik untuk di jadikan makalah.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apakah sebab para remaja merokok?
2. Apakah prestasi belajar itu?
3. Mengapa merokok dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar  di sekolah?
4. Bagaimana cara mengurangi dampak merokok terhadap prestasi belajar di sekolah?

C. TUJUAN PENULISAN
1. Untuk mengetahui seberapa pengaruh rokok terhadap remaja.
2. Untuk mengetahui apa sebab para remaja merokok.
3. Untuk mengetahui seberapa pengaruh merokok terhadap prestasi belajar remaja.
4. Untuk mengetahui cara terbaik untuk mengurangi dampak merokok terhadap prestasi belajar remaja di sekolah.

BAB II
PEMBAHASAN
Setiap orang harus menjaga kesehatannya supaya memiliki jasmani dan rohani yang kuat dan sehat, sehingga dapat menjalani hidup dan kehidupannya. Untuk menjaga jasmani yang kuat dan sehat diperlukan rohani yang kuat dan sehat pula artinya rohani yang tidak mudah tergoda oleh berbagai godaan yang dapat menjerumuskan diri pada perbuatan yang merusak jasmani.Salah satu hal yang menjadi faktor rusaknya kesehatan jasmani dan rohani adalah merokok .
Faktor terbesar dari kebiasaan merokok dipengaruhi oleh faktor sosial atau lingkungan, dimana karakter seseorang banyak dibentuk oleh lingkungan sekitar, baik dari keluarga, tetangga, ataupun teman pergaulannya. Bersosialisasi merupakan cara utama pada anak-anak dan remaja untuk mencari jati diri mereka. Dengan melihat apa yang dilakukan orang lain dan kadang kala mencoba untuk meniru apa yang dilakukan orang lain. Hal itu merupakan suatu proses yang terjadi pada remaja untuk mencari jati diri dan belajar menjalani hidup bersosial. Namun sangat disayangkan, tidak hanya kebiasaan-kebiasaan yang baik saja yang ditiru melainkan juga kebiasaan-kebiasaan buruk, termasuk kebiasaan merokok.
Jika seseorang yang bukan perokok, hidup atau berkerja bersama dengan seorang perokok, secara otomatis salah satunya akan terpengaruh. Mungkin yang bukan perokok mulai mencoba merokok, mungkin juga sebaliknya yang perokok mengurangi konsumsi rokok. Baik disadari maupun tidak disadari, adaptasi tersebut dilakukan untuk berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan dan berusaha untuk diterima di lingkungan sosial-nya.
Berikut ini bahaya merokok secara umum :
1. Timbulnya penyakit kanker (kanker darah, kanker otak, kanker kulit)
2. Terjangkitnya penyakit jantung (kelainan jantung)
3. Timbulnya bercak-bercak di paru-paru (paru-paru berlubang)
4. Penyakit ginjal (karena tidak berfungsinya ginjal)
5. Wajah agak pucat , kaku agak kebiruan
6. Menimbulkan pusing dan sakit kepala
7. Mengganggu konsentrasi
8. Menyebabkan ketagihan
9. Bernapas pendek dan kurang stamina
10. nikotinnya akan memasuki otak dan berpengaruh pada saraf otak, serta menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dengan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.
Menurut Drs. H. Abu Ahmadi menjelaskan Pengertian Prestasi Belajar sebagai berikut: Secara teori bila sesuatu kegiatan dapat memuaskan suatu kebutuhan, maka ada kecenderungan besar untuk mengulanginya. Sumber penguat belajar dapat secara ekstrinsik (nilai, pengakuan, penghargaan) dan dapat secara ekstrinsik (kegairahan  untuk menyelidiki,  mengartikan situasi). Disamping itu siswa memerlukan/ dan harus menerima umpan balik secara langsung derajat sukses pelaksanaan tugas (nilai raport/nilai test) (Psikologi Belajar DRS.H Abu Ahmadi, Drs. Widodo Supriyono 151). Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian prestasi belajar ialah hasil usaha bekerja atau belajar yang menunjukan ukuran kecakapan yang dicapai dalam bentuk nilai. 
Tentulah para remaja menginginkan prestasi belajar yang tinggi tentunya agar cita-cita mereka dapat terwujud dan bisa membahagiakan orang tua. Para remaja menginginkan nilai setinggi-tingginya  nilai yang dapat mereka capai.
Namun dengan mereka merokok mungkin keinginan remaja itu dapat tidak terwujud. Itu bisa terjadi karena si remaja telah kecanduan atau mengalami ketergantungan merokok, disaat melakukan kegiatan belajar misal mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, akan ada jeda waktu untuk berpikir karena mengalami kesulitan atau cukup waktu untuk menulis atau menjawab, buat perokok aktif terutama biasanya akan merokok disaat seperti itu, dari hal tersebut terjawab sudah bahwa disaat tidak merokok, perokok akan mengalami stress ringan atau agak berat.
Yang lainnya seperti dalam proses belajar mengajar disekolah atau dikampus, para remaja yang merokok mempunyai kecenderungan mempunyai daya konsentrasi yang rendah akibat banyak racun rokok yang masuk ke dalaam otak, akhirnyapun banyak pelajaran yang tidak masuk dalam proses penerimaan ilmu tersebut. Belum lagi apabila remaja itu mempunyai nafas yang pendek dan pusing juga karena efek negatif dari rokok, tentunya itu sangat berpengaruh bagi daya serap otak remaja terhadap pelajaran. Secara langsung efeknya adalah menurunnya prestasi belajar para remaja sekolah itu.
Para remaja pasti tidak menginginkan itu semua terjadi dalam hidupnya. Tentunya itu semua hanya dapat dicegah dengan cara menghilangkan kebiasaan merokok remaja itu sendiri. Walau awalnya mungkin itu terlihat susah tetapi ini harus dilakukan demi kebaikan remaja itu sendiri. Para remaja yang merokok, terlebih khususnya bagi yang sudah kecanduan dapat mengurangi sedikit demi sedikit kecanduannya itu. Salah satu caranya mungkin bila ada keinginan merokok muncul gantilah aktivitas merokok itu dengan permen atau makanan ringan lain untuk dikunyah atau mungkin juga para remaja dapat menghindari situasi atau lingkungan yang biasanya mengambil satu batang rokok. Tetapi apabila merokok hanya digunakan hanya sebagai untuk penenang saja,sebaiknya para remaja harus mencoba untuk mencari cara lain untuk mencapai efek yang sama. Aktif dalam kegiatan olahraga atau kegiatan di luar ruangan bisa mengurangi perasaan depresi

Bab III
PENUTUP
KESIMPULAN
Para remaja sebaiknya dapat membangkitkan kesadaran tentang bahaya merokok, kecanduan rokok, dampaknya terhadap prestasi belajar mereka di sekolah. Kebiasaan merokok sangat mengganngu bagi aktivitas otak mereka dalam proses belajar. Mulailah dari sekarang menghentikan aktivitas merokok, agar prestasi belajar semakin meningkat, masa depan cerahpun dapat dicapai dengan keadaan jasmani yang sehat tanpa adanya rokok.


DAFTAR PUSTAKA
1. http://jeniuspemalas.blogspot.com/2009/06/bahaya-merokok-untuk-pelajar.html
2. http://religiao.centralblogs.com.br/post.php href=bahaya+rokok+bagi+pelajar&KEYWORD=26525&POST=3933256
3. episentrum.com/search/hubungan%20antara%20merokok%20dengan%20prestasi%20belajar/

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar