Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan
Asti
Rahmawati
Bimbingan
dan Konseling
1301410012
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
TAHUN
AJARAN 2010/2011
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan
yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan.
Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan
baik.
Makalah ini disusun agar
pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh perpustakaan sekolah terhadap
mutu pendidikan yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang
datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh
kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat
terselesaikan.
Makalah ini memuat
tentang “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dan
sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu
mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
Penyusun juga
mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak
membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat
memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini
memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya.
Terima kasih.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
MASALAH
B. IDENTIFIKASI MASALAH
C. PEMBATASAN MASALAH.
D. PERUMUSAN MASALAH.
BAB II PEMBAHASAN
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN
SEKOLAH.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN
SEKOLAH.
C. SUMBANGAN
PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
BAB III PENUTUP
A. SIMPULAN
B. SARAN
Daftar Pustaka.
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
MASALAH
Ilmu pengetahuan dan
teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan
zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah
satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas
sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika
ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang
mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.
Dalam UUD 1945
disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk
mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat
belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan
minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya
dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan
sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan,
buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana
pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan
pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk
mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian
yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Judul makalah ini
sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu
mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
B. IDENTIFIKASI MASALAH
(LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul
makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di
Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi
serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program tersebut.
Berkaitan dengan judul
tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana peran
perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2. Bagaimana cara agar
perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
?
C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang
lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran perpustakaan
terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar
perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar
belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat
dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi
peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
2. Bagaimana deskripsi
cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan
di sekolah ?
BAB II
PEMBAHASAN
Perpustakaan merupakan
bagian intergral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka,
baik berupa buku maupun bukan buku.
Sesuai dengan judul
makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan
sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN
SEKOLAH.
Tujuan utama
penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan
bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya
adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler,
ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu
menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi
belajar mengajar.
Namun secara operasional
tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di
sekolah, diantaranya adalah :
1. Memupuk rasa cinta,
kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2. Membimbing dan
mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3. Memperluas
pengetahuan para siswa.
4. Membantu
mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan
bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa
agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6. Memberikan
dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan
kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan
baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan
bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah
baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN
SEKOLAH.
Berdasarkan tujuan
perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan,
sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan
fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan
kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya
ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang
rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara
menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan
fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat
informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate
yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para
petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.
3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan
fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian
dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang
praktis, efektif, dan efisien.
4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan
fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan
juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu,
sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh
siswa maupun oleh guru.
5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan
fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan
sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.
C. SUMBANGAN
PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila diperhatikan secara
jenih, maka perpustakan sekolah sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap
pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan
antara lain :
1. Perpustakaan
merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
2. Perpustakaan
merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk
dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk
mencipta.
3. Perpustakaan akan
memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa
keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan bahan
pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa
yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
5. Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan
perpustakaan yang efisien dan efektif.
6. Perpustakaan akan
membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas
perbendaharaan bahasa.
7. Perpustakaan dapat
menimbulkan cinta membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi
siswa dalam pemilihan bacaan.
8. Perpustakaan
memberikab kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
9. Perpustakaan
merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
10. Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11. Perpustakaan
merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup
membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12. Kegairahan / minat
baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat berpengaruh
positif terhadap prestasi belajarnya.
13. Bila minat membaca
sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan juga dapat
mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif terhadap
kesehatan anak.
14. Bahkan perpustakaan
juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa
menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.
BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian
bahasan “Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”
dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan perpustakaan
sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2. Perpustakaan sangat
penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan
perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya
B. SARAN
Bertolak dari peranan
perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program
pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya
perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
2. Peran pengelola
perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang
cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.
DAFTAR PUSTAKA
sumber= http://rizkythea.blogspot.com