Cari Disini

Selasa, 20 Maret 2018

kARMA KESOMBONGAN RAJA ZANAS

Raja Zanas memerintah dengan sewenang-wenang. Kegemarannya menumpuk harta sebanyak mungkin yang diperolehnya dari pajak rakyatnya. Raja Zanas selain tamak juga seorang raja yang sangat kikir. Rakyat yang hidup sengsara tidak sekalipun pernah dipikirkannya. Anehnya raja yang zalim itu mempunyai kegemaran mendengarkan musik.

Padahal kata orang-orang bijak musik dapat memperhalus perasaan. Oleh karena itu yang menyukainya akan mempunyai perasaan yang lembut tetapi cerdas. Salah satu kegemaran Raja Zanas adalah mendengarkan tiupan suling. Kebetulan di negerinya ada seorang peniup seruling yang sangat pandai bernama Tarajan.

Raja Zanas sangat memanjakan Tarajan dan kerap mengirim peniup seruling itu ke seluruh penjuru negeri bahkan ke luar kerajaannya untuk berlomba. Tarajan selalu jadi juara pertama dan memperoleh hadiah-hadiah yang menggiurkan. Sayang karena hal itu Tarajan jadi sombong dan congkak. Karena sombongnya Tarajan mengaku dapat mengalahkan Dewa Apolo. Seorang Dewa bangsa Yunani yang sangat menguasai seni musik.

Tarajan mengusulkan pada Raja Zanas agar ia dipertandingkan dengan Apolo. Usul itu diterima dengan baik bahkan raja merasa bangga jika Tarajan dapat mengalahkan pemain musik dari kerajaan langit itu. Dewa Apolo yang mendengar tantangan itu menyanggupi. Justru Dewa itu ingin memberi pelajaran pada Tarajan dan Raja Zanas yang berkelakuan tidak lazim.

“Seandainya aku kalah biarlah aku mengabdi pada Raja Zanas seumur hidupku. Tetapi andaikan aku yang menang aku minta separuh kerajaanmu dan kuserahkan pada rakyatmu” kata Dewa Apolo. Raja Zanas dan Tarajan setuju. Mereka begitu yakin dapat mengalahkan Apolo yang tampak masih sangat muda itu.

Pada hari yang telah ditentukan pertandingan dimulai. Seluruh rakyat tumpah ruah ke halaman Istana. Sedangkan Dewa Zeus sebagai penguasa seluruh khayangan ikut menyaksikan tanpa seorang pun yang tahu. Sebagai penantang Tarajan dipersilakan meniup seruling terlebih dahulu. Dengan pongah Tarajan naik ke atas podium lalu segera meniup serulingnya. Seruling emas berbalut intan permata milik Tarajan segera mengumandangkan lagu-lagi yang sangat merdu. Naik turun seperti ombak. Lembut seperti angin pesisir. Bergolak seperti ombak menerjang karang.

Semua yang mendengarkan bagaikan tersihir. Begitu hebatnya tiupan seruling Tarajan. Raja Zanas tertawa terbahak-bahak dan yakin sekali peniup serulingnya akan keluar jadi pemenang. Tetapi Dewa Apolo tenang. Diam bagaikan patung, tetapi bibirnya tersenyum. Pertanda kagum juga pada permainan seruling Tarajan. Dan ketika usai sorak sorai seperti membelah angkasa. Tarajan berdiri berkacak pinggang dengan wajah sangat pongah.


Ketika giliran Dewa Apolo, Dewa kesenian itu mengangkat serulingnya dengan cantik sekali. Lembut bagaikan menimang bayi. Dan ketika bibirnya mulai meniupkan sebuah lagu, langit berpendar-pendar antara siang dan malam. Rakyat yang menonton terhanyut dalam irama yang luar biasa indah. Dengan mata terpejam semua menari dengan lembut sekali. Mereka pun menyanyi sebuah lagu kedamaian yang sekonyong saja mampu dinyanyikan. Rakyat yang jumlahnya tidak terhitung itu larut dalam lagu-lagu dan irama yang sebelumnya tidak pernah mereka dengarkan tetapi sangat merdu mendayu-dayu.

Akhirnya Dewa Zeus yang menampakkan diri menyatakan Apolo sebagai pemenangnya. Dan meminta Raja Zanas seger memberikan separuh kerajaannya pada rakyatnya. Tetapi raja kikir itu menolak hingga membuat Dewa Zeus marah. “Selama kau tidak memberikan pada rakyat apa yang telah kau janjikan, maka telingamu akan membesar setiap hari.” Kata Dewa Zeus.

Memang benar. Telinga Raja Zanas tiap hari semakin besar hingga sangat berat dan membuatnya tidak bisa berdiri apalagi berjalan. Jadilah ia raja bertelinga keledai. Akhirnya Raja Zanas menyerahkan separuh kerajaannya pada rakyatnya. Dan berjanji tidak lagi kikir dan tamak. Dewa Zeuslah saksi dari ucapannya.

MAKALAH PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN APLIKASI BELAJAR TEORI HUMANISTIK

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam pembahasan ini antara lain:
1. Apakah pengertian teori belajar humanistik?
2. Siapa sja tokoh-tokoh belajar?
3. Bagaiman aplikasi belajar tersebut?
4.
C. Tujuan Masalah 
1. agar kita memahami tentang teori humanistik.
2. untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan belajar humanistik dalam pendidikan.
3. untuk menyelesaiakan tugas kelompok pada mata kuliah dasa-dasar pemahaman tingkah laku.

BAB II
PEMBAHASAN

PSIKOLOGI HUMANISTIK
Abraham Maslow (1908- ) dapat dipandang sebagai bapak dari psikologi humanistic. Gerakan ini merupakan gerakan psikologi yang merasa tidak puas dengan psikologi behavioristik dan psikoanalisis, dan mencari alternatif psikologi yang fokusnya adalah manusia dangan cirri-ciri eksistensinya. Gerakan ini kemudian dikenal dengan psikologi humanistic (Misiak dan Sexton, 1988). Gerakan psikologi humanistik mulai di Amerika Serikat pada tahun 1950 dan terus berkembang. Para tokohnya berpendapat bahwa psikologi terutama psikologi behavioristik mendehumanisasi manusia. Sekalipun psikologi behavioristik menunjukkan keberhasilannya yang cukup spektakuler dalam bidang tertentu, namun sebenarnya gagal untuk memberikan sumbangan dalam pemahaman manusia dan kondisi eksistensinya.

Manusia adalah mahluk ayng kreatif, yang dikendalikan bukan oleh kekuatan-kekuatan ketidak sadaran – psikoanalisis --, melainkan oleh nilai-nilai dan pilihan-pilihannya sendiri. Dapa tahun 1958 Maslow menamakan psikologi humanistik sebagai “kekuatan yang ketiga”, disamping psikologi behavioristik dan psikoanalisis sebagia ekuatan pertama dan kekuatan kedua. Ia mengajukan teori tentang hairarchy of needs. Kebutuhan-kebutuhan atau needs ini adalah innate , yaitu :
Kebutuhan-kebutuhan fisiologis (the physiological needs);
Kebutuhan akan rasa aman, the safety needs 
Kebutuhan akan rasa cinta dan memiliki (the belongingness and love needs)
Kebutuhan akan penghargaan (the esteem needs)

Ada 4 ciri psikologi yang berorientasi humanistik, yaitu
Memusatkan perhatian pada person yang mengalami, dan karenanya berfokus pada pengalaman sebagai fenomena primer dalam mempelajari manusia. 
Menekankan pada kualitas-kualitas yang khas manusia, sperti kreativitas, aktualisasi diri , sebagai lawan dari pemikiran tentang manusia mekanistis dan reduksionistis 
Menyandarkan diri pad kebermaknaan dlam memilih masalah-masalah yang akan dipelajari dan prosedur-prosedur penelitian yang akan digunakan. 
Memberikan perhatian penuh dan meletakan nilai yang tinggi pada kemulyaan dan martabat manusia serta tertarik pada perkembangan potensi yang inheren pada setiap individu (Misiak dan sektor, 1998). Selain Maslow sebagai tokoh dalam psikologi humanistik juga Carl Rogers (1902-1987) yang terkenal dengan klien – centered therap. 

B. APLIKASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK
Aplikasi teori humanistik lebih menunjuk pada ruh atau spirit selama proses pembelajaran yang mewarnai metode-metode yang diterapkan. Peran guru dalam pembelajaran humanistik adalah menjadi fasilitator bagi para siswa sedangkan guru memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna belajar dalam kehidupan siswa. Guru memfasilitasi pengalaman belajar kepada siswa dan mendampingi siswa untuk memperoleh tujuan pembelajaran.

            Siswa berperan sebagai pelaku utama yang memaknai proses pengalaman belajarnya sendiri. Diharapkan siswa memahami potensi diri , mengembangkan potensi dirinya secara positif dan meminimalkan potensi diri yang bersifat negatif.

            Tujuan pembelajaran lebih kepada proses belajarnya daripada hasil belajar. Adapun proses yang umumnya dilalui adalah :

1.   Merumuskan tujuan belajar yang jelas
2.   Mengusahakan partisipasi aktif siswa melalui kontrak belajar yang bersifat jelas , jujur dan positif.
3.   Mendorong siswa untuk mengembangkan kesanggupan siswa untuk belajar atas inisiatif sendiri
4.   Mendorong siswa untuk peka berpikir kritis, memaknai proses pembelajaran secara mandiri
5.   Siswa di dorong untuk bebas mengemukakan pendapat, memilih pilihannya sendiri, melakukkan apa yang diinginkan dan menanggung resiko dariperilaku yang ditunjukkan.
6.   Guru menerima siswa apa adanya, berusaha memahami jalan pikiran siswa, tidak menilai secara normatif tetapi mendorong siswa untuk bertanggungjawab atas segala resiko perbuatan atau proses belajarnya.
7.   Memberikan kesempatan murid untuk maju sesuai dengan kecepatannya
8.   Evaluasi diberikan secara individual berdasarkan perolehan prestasi siswa

Guru yang baik menurut teori ini adalah : Guru yang memiliki rasa humor, adil, menarik, lebih demokratis, mampu berhubungan dengan siswa dengan mudah dan wajar.Ruang kelads lebih terbuka dan mampu menyesuaikan pada perubahan. Sedangkan guru yang tidak efektif adalah guru yang memiliki rasa humor yang rendah ,mudah menjadi tidak sabar ,suka melukai perasaan siswa dengan komentsr ysng menyakitkan,bertindak agak otoriter, dan kurang peka terhadap perubahan yang ada.
Pembelajaran berdasarkan teori humanistik ini cocok untuk diterpkan pada materi-materi pembelajaran yang bersifat pembentukan kepribadian, hati nurani, perubahan sikap, dan analisis terhadap fenomena sosial. Indikator dari keberhasilan aplikasi ini adalah siswa merasa senang bergairah, berinisiatif dalam belajar dan terjaadi perubahan pola pikir, perilaku dan sikap atas kemauan sendiri. Siswa diharapkan menjadi manusia yang bebas, berani, tidak terikat oleh pendapat orang lain dan mengatur pribadinya sendiri secara bertanggungjawab tanpa mengurangi hak-hak orang lain atau melanggar aturan , norma , disiplin atau etika yang berlaku.

BAB III
PENUTUPAN


A. Kesimpulan 
Jadi dapat disimpulkan bahwa Teori Humanistik lebih melihat pada sisi perkembangan kepribadian manusia / individu. Psikolog humanistik mencoba untuk melihat kehidupan manusia sebagaimana manusia melihat kehidupan mereka. Mereka berfokus pada kemampuan manusia untuk berfikir secara sadar dan rasional untuk dalam mengendalikan hasrat biologisnya, serta dalam meraih potensi maksimal mereka. Dalam pandangan humanistik, manusia bertanggung jawab terhadap hidup dan perbuatannya serta mempunyai kebebasan dan kemampuan untuk mengubah sikap dan perilaku mereka

DAFTAR PUSTAKA

http://www.wikipedia.com
http://alkohol7.wordpress.com/2008/11/21/makalah-psikopen-teori-belajar/
http://www.dedeyahya.com/2011/05/makalah-teori-kepribadian-humanistik.html






Chord Gitar Listen - One ok rock (mudah)

Chord Gitar Listen - One ok  rock (mudah)


[  introverse  :    ]
F#                    A#m       G#            F#                     C#   A#m   A#m  *    *
you always  ,   call me  ,   full of regret  .     you want me to save you again

  [  instrumental  ]
A#m  F#  C#  G#   A#m  F#  C#  G#

  [  taka  .  versei  :    ]
A#m                   F#                  C#                G#                               
all these years  ,   the days go by  .     i宋e seen you fall  ,   A million times  . 
A#m        F#         C#                 
everybody makes  ,   mistakes

  [  avril  .  verseii  :    ]
   A#m                F#               C#                G#                               
it feels so hard  ,   to watch you hurt  .   from the pain  ,   A lesson learned  . 
A#m              F#           C#                 
this is how you find  ,   your way

  [  instrumental  ]
A#m  F#  C#  G#   A#m  F#  C#  G#


  [  taka  .  verseiii  :    ]
   A#m                  F#                 C#           G#                               
it feels so hard  ,   i宋e been there too  .    sky so dark  ,   no way through
 A#m          F#          C#                 
stories only scars can tell

  [  avril  .  verseiv  :    ]
         A#m                F#               C#              G# 
i宋e  -  got so much love  ,   for you my friend  .    ride or die  ,   until the end
    A#m            F#        C#       silence         
but only you can  ,   save yourself  .     you just have to


  [  chorus  ]
A#m         F#       C#             G#         A#m         F#       C#             G#
listen  ,   listen   i hope that you know  .       listen  ,   listen   i won奏 let you go
  A#m                F#                 C#                    G#
i wish you i could  ,   save you from the pain you宋e been through
    A#m         F#              C#              G#
and all i can tell you is the best thing to do  .     you宋e gotta
A#m         F#     C#              G#                 A#m         F#     C#              G#
listen  ,   listen   ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah  .    listen  ,   listen   ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah
A#m         F#     C#              G#
listen  ,   listen   ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah
        A#m    F#  C#              G#
to  -  your heart    ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah


  [  avril  .  interlude  :    ]
A#m              C#    G#      A#m              C#    G#
listen  ,   listen              listen  ,   listen 

  [  taka  .  interlude  :    ]
A#m                C#       G#    A#m                C#       G#
listen  ,   listen  .   hitotsu dake  .    listen  ,   listen shiunji yo  -  oo i won奏 let you gooo

  [  taka  .  avril  .  finalversev  :    ]
  A#m      F#         C#           G#
furi yama  -  nai  ,   hame  -  na donna iii  the pain you宋e been through
    A#m         F#              C#              G#
and all i can tell you is the best thing to do    the best thing to dooo   (  you gotta  )


  [  final  .  chorus  :    ]
A#m         F#     C#              G#                A#m         F#     C#              G#
listen  ,   listen   ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah  .   listen  ,   listen   ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah
A#m         F#     C#              G#
listen  ,   listen   ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah

  [  outro  ]
        A#m            F#      C#              G#
to  -  your heart to your heart  ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah  to your heart
A#m         F#     C#              G#
listen  ,   listen   ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah
        A#m    F#  C#              G#
to  -  your heart    ah aah  -  aah aah  -  aah aaa  -  aah  -  aah