Cari Disini

Rabu, 26 Desember 2018

RESENSI BUKU API SEJARAH 1

API SEJARAH 1
Judul buku : Api Sejarah 1
Penulis : Ahmad Mansur Suryanegara
Penerbit : Salamadani (Suryadinasti)
Cetakan : 2009
Tebal buku : 584 halaman

RESENSI BUKU API SEJARAH 1Ahmad Mansur Suryanegara menceritakan bahwa Islam punya peran yang penting bahkan sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Buku ini berusaha menjelaskan bahwa islam itu
mempunyai peran utama atau peran penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Dari buku Api Sejarah 1 ini saya menyimpulkan banyaknya fakta yang diungkapkan oleh Ahmad
Mansyur yang tidak saya dapatkan selama Pelajaran Sejarah SMP dan SMA. Perbedaannya
terdapat pada Islamisasi yang sengaja dilakukan oleh beberapa orang Belanda. Yang dimana tujuannya agar kita dibutakan oleh sejarah kita sendiri, sejarah yang tidak seharusnya sampai pada telinga kita. Pada buku Api Sejarah 1 ini banyak diangkat cerita perjuangan umat islam dan perannya yang besar dalam usaha meraih kemerdekaan Indonesia. Peran para ulama, juga pesantren dan santrinya. Peran dari banyak beberapa pergerakan islam di Indonesia yang masih terdengar asing dalam pengetahuan sejarah masyarakat Indonesia. Sejarah memang tidak dapat kita ketahui dengan pasti dan runtut, beberapa ahli sejarawan menuliskan sejarah yang mereka ketahui dengan versi berbeda-beda namun intinya sama, atau menggunakan sudut pandang yang berbeda dengan maksud yang sama. Kita boleh tidak percaya pada sejarah bilamana tidak terdapat bukti yang nyata atau real. Saya menganalisis dalam Buku Api Sejarah 1 bahwa sejarah muslim di indonesia yang mana sudah dibela dan diperjuangkan oleh para ulama-ulama beserta santrinya dalam memerdekakan nusantara indonesia yang besar pengorbanannya akan tetapi kurang nya postingan dan penyebaran pengetahuan tentang peranan ulama dan santri dalam sejarah dari generasi kegenerasi
yang yang tidak diketahui karnanya kurangnya peranan terknologi dalam penyebarannya yang mana penghapusan sejarah dengan tujuan untuk menghilangkan jati diri seorang bangsa yang berakibat pada generasi selanjutnya yang tidak tahu jati dirinya dan membela kaum orang-orang penjajah, itulah salah satu tujuan sang pengarang Ahmad Mansur.

Kelebihan buku Api Sejarah 1 dengan tebal 584 halaman ini sangat antusias dalam menceritakan kisah peristiwa sejarah indonesia. Apa yang diceritakan dalam buku Api Sejarah 1 ini punya keistimewaan tersendiri dibanding buku-buku sejarah indonesia lainnya, yang mampu membuat pembacanya ingin mengetahui atau menelaah lebih jauh. Pembabakan waktunya juga ditulis secara urut sehingga lebih mudah dipahami. Disamping kelebihan pastinya ada kekurangan. 

Kekurangan pada buku Api Sejarah 1 ini referensi yang digunakan dalam argumentasinya memaksa kita untuk berpikir dua kali untuk membantahnya. Dalam hal penulisan juga beberapa ditemukan kesalahan per kata.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar