Cari Disini

Minggu, 18 Februari 2018

Resensi Buku : Kupilih Jalan Gerilya

Identitas Buku
Judul                 : Kupilih Jalan Gerilya
Penulis           : E. Rokajat Asura
Penerbit            : Imania
Tempat Terbit   : Depok
Tebal                 : 270 halaman
Tahun Terbit     : 2015
Sinopsis
Didalam buku ini menceritakan tentang perjalanan Jenderal Soedirman yang pada saat itu mengalami sakit TBC saat akan bergerilya, namun sebelum Soedirman akan bergerilya  bung karno tidak mengizinkan Soedirman bergerilya. Namun dengan semangat juang yang tinggi Soedirman tetap melanjutkan tekad nya itu. Ketika Soedirman bergegas untuk bergerilya , Alfiah istri Soedirman sedang mengandung 5 bulan, berat rasanya meninggalkan, namun demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 
Soedirman melangkah keluar menuju hutan yang gelap dan dinginnya gunung pada malam hari. Kesehatan yang tidak memungkinkan untuk soedirman berjalan kaki. Penghianat diduga berada didekat mereka ,namun dengan strategi soedirman dan berkat tuhan pengejaran belanda selalu gagal. Soedirman juga pernah dikepung belanda, namun dengan akal cerdiknya soedirman dan anak buahnya menyamar menjadi orang yang sedang diadakan sebuah pengajian.
Dengan liku liku perjalanan yang tidak mudah, soedirman harus ditandu. soedirman dan anak buahnya terus melanjutkan perjalanan dan berhasil merebut kembali daerah yang telah dikuasai belanda. Setelah soedirman mendapat sebuah surat dari komandan divisi II Gatot Soebroto yang juga sahabatnya, soedirmanpun kembali ke Yogyakarta. Namun sayang soedirman harus menghembuskan nafas terakhirnya di pangkuan sang istri dan anak anaknya.

Kekurangan dan Kelebihan
Kelebihan
*Kisahnya bagus, sangat mengharukan, bisa dijadikan inspirasi.
Kekurangan
*Bahasa yang digunakan sulit dipahami

Lihat dan baca juga Resensi bertemakan Sejarah disini

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar