Cari Disini

Sabtu, 03 Februari 2018

RESENSI BUKU KERAJAAN-KERAJAAN di INDONESIA

RESENSI BUKU

A.  IDENTITAS BUKU

Nama                    : KERAJAAN-KERAJAAN di INDONESIA
Pengarang            : Sulistiani
Penerbit                : PT. Widya Duta Grafika
Edisi / Cetakan     : Cetakan 1 tahun 2010
Jumlah Halaman  : 64 Halaman
Harga                   : RP.24.000
                                                                 




B.  SINOPSIS BUKU
Sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk pada 17 Agustus 1945, terlebih dahulu berdiri kerajaan – kerajaan di berbagai daerah di Nusantara. Kerajaan- kerajaan tersebut dapat dibedakan menjadi kerajaan yang bercorak agama Hindu, kerajaan yang bercorak agama Buddha, serta kerajaan yang bercorak agama Islam. Kehidupan kerajaan pada masa itu masih terpecah- pecah, bahkan saling bermusuhan. Kerajaan terbesar yang pernah menguasai wilayah Nusantara, antara lain, Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Kedua kerajaan itu berperan besar dalam pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Meskipun kerajaan – kerajaan di Indonesia sudah tidak ada lagi, namun keberadaannya telah mewariskan kebudayaan dan peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya dan peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk melestarikan peninggalan budaya dan sejarah bangsa di masa lalu.




C.  KELEBIHAN BUKU
Kelebihan buku ini adalah memberikan wawasan tentang kerajaan- kerajaan yang berada di Indonesia baik Hindu, Buddha, dan Islam. Buku ini juga mudah untuk dipahami. Buku ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin mengetahui kerajaan kerajaan di Indonesia.


D.  KEKURANGAN BUKU
Kekurangan dari buku ini adalah terdapat beberapa kerajaan yang memiliki penjelasan kurang lengkap.


Lihat dan baca juga Resensi bertemakan Sejarah disini

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar